Stroke

Terapi Stroke

Terapi Stroke- Penyakit stroke merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena stres dan pola makan yang tidak sehat. Bagi penderita Stroke biasanya tidak dapat menggerakkan anggota badan dikarenakan sebagian fungsi otak terganggu. Penyakit stroke biasanya diakibatkan karena penyumbatan pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga otak menjadi kekurangan oksigen dan sel-selnya menjadi mati.

Proses penyembuhan penyakit stroke ini memerlukan waktu yang cukup lama dan perawatan yang khusus. Proses pemulihannya juga memerlukan waktu yang lama. Biasanya sedikit demi sedikit fungsi anggota gerak tubuh orang yang menderita stroke akan berangsur-angsur normal jika menerima latihan pemulihan stroke yang baik. Latihan tersebut biasanya dijalankan ketika penderita Stroke sudah dinyatakan berangsur-angsur sembuh.

Pemulihan penyakit stroke biasanya dilakukan di rumah sakit ataupun di tempat rehabilitasi stroke yang biasanya ditangani oleh tenaga ahli. Namun perlu Anda ketahui ternyata pemulihan stroke tersebut dapat dilakukan dirumah melalui beberapa teknik terapi. Pada artikel kali ini akan kami bagi tentang beberapa cara pemulihan stroke yang dapat anda lakukan di rumah.



Cara Terapi Stroke di Rumah

Penyakit stroke diakibatkan karena penyumbatan pembuluh darah sehingga mengakibatkan aliran darah yang mengandung oksigen ke otak menjadi terhambat. Hal ini mengakibatkan banyak hal, mulai dari kelumpuhan pada sebagian tubuh, wajah menjadi perot, bicara tidak jelas sampai dengan seluruh tubuh mengalami kelumpuhan. jika mengalami kelumpuhan proses penyembuhannya pun agak lama. Namun jika diberikan obat yang tepat serta terapi pemulihan yang tepat juga maka tak heran jika penderita stroke akan cepat pulih.

Berikut ini beberapa masalah atau gangguan fisik yang dialami pada penderita Stroke:

  • Mengalami kesulitan dalam berkomunikasi
  • Tidak dapat menggerakkan kaki atau berjalan
  • Tidak mampu merawat diri sendiri, dan
  • Kesulitan untuk melakukan pekerjaan
  • Terjadi perubahan bentuk wajah yang signifikan seperti mulut menjadi miring

Sedangkan masalah dan gangguan secara mental atau psikis adalah :

  • Penderita mengalami perasaan rendah diri
  • Merasa malu saat harus bertemu dengan keluarga, teman, atau harus berada ditengah-tengah keramaian
  • Ada perasaan sulit menerima kenyataan yang terjadi
  • Kemampuan berpikir dan kecerdasan menurun

Untuk mengatasi masalah dan gangguan fisik dan psikis diatas maka diperlukan latihan Cara Terapi Stroke di Rumah yang efektif untuk membantu pasien memperkuat otot yang mengalami pelemahan, meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh, penggunaan ekstremitas tubuh dan membuat anggota tubuh yang terserang stroke kembali berfungsi.

Cara Terapi Stroke di Rumah

Beberapa latihan Cara Terapi Stroke di Rumah untuk menyembuhkan stroke yang dapat anda lakukan dirumah diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melatih menggerakkan anggota tubuh. Latihan tersebut dapat dimulai dari menggerakkan jari, pergelangan tangan, siku, bahu, pinggul, lutut dan pergelangan kaki. Perlu diperhatikan bahwa dalam latihan ini penderita stroke tidak boleh dipaksakan dalam bergerak, apabila kesulitan dalam menggerakkan anggota tubuh tersebut dapat dibantu oleh keluarga.
  • Apabila langkah pertama sudah membuahkan hasil, atau dalam hal ini sudah dapat menggerakkan otot-otot menjadi lebih baik adalah melakukan gerakan dengan bantuan alat, misalnya latihan berjalan dengan dibantu menggunakan tongkat atau tumpuan khusus untuk membantu berjalan. Lakukanlah latihan pertama dan kedua ini secara rutin namun jangan terlalu dipaksakan.
  • Menambahkan beban pada saat bergerak. Jika langkah pertama dan kedua tadi sudah berjalan dengan baik itu berarti otot sudah mampu menjalankan tugasnya, sekarang latihan ketiga ini untuk mengembalikan kekuatan otot sedikit demi sedikit. Misalnya dapat dilakukan dengan mengangkat buku ataupun benda lainnya yang tidak terlalu berat. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan penambahan beban yang diangkat agar kekuatan otot kembali normal.
  • Melatih koordinasi gerakan antar otot. Hal ini dilakukan agar otot dapat bergerak sesuai dengan perintah otak. Latihan ini sangat perlu karena penderita stroke harus memastikan mampu mengontrol gerakan otot-ototnya dengan baik ketika sudah sembuh total. Latihan ini dapat dilakukan dengan mengangkat kaki, menempatkan tumit pada kaki lain, menggeser tumit kaki, dan latihan dengan menggunakan bantuan bola yang berfungsi untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan saat duduk dan berdiri.

Sampai pada tahap ini jika sudah mampu dilakukan dengan baik maka penderita stroke sudah dapat dikatakan sembuh, namun belum sembuh total. Karena untuk sembuh total penderita stroke harus melakukan beberapa uji gerakan sebagai Cara Terapi Stroke di Rumah, misalnya dalam hal menjaga keseimbangan tubuh. Oleh karena itu maka perlu melakukan latihan yang kelima.

  • Melatih keseimbangan tubuh. Hal ini dapat dilakukan dengan berenang atau melakukan latihan-latihan lain yang intinya melatih penderita stroke tersebut agar mampu menjaga keseimbangan tubuhnya.

Lakukanlah lima langkah diatas secara rutin dan terprogram agar penderita stroke dapat kembali pulih secepatnya. Selain melalui latihan-latihan diatas agar hasilnya makin optimal anda harus membantu penyembuhan dengan rutin minum obat. Usahakan mengkonsumsi obat-obatan herbal agar efeksampinya tidak terlalu berbahaya.

 

Join The Discussion