Diabetes

Mengenali dan Merawat Diabetes Pada Anak

Mengenali dan Merawat Diabetes Pada Anak Diabetes Mellitus bukan hanya dapat terjadi pada orang dewasa, namun bisa pula terjadi pada anak-anak. Yang membedakannya adalah faktor penyebabnya, dimana pada orang dewasa atau lebih sering disebut Diabetes Mellitus Tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat namun pada anak-anak atau yang disebut sebagai Diabetes Mellitus Tipe 1 disebabkan oleh karena faktor genetik dan proses autoimun (suatu kondisi dimana sistem pertahanan tubuh menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh sendiri).

Kita tahu, Diabetes merupakan penyakit kelainan pada sistem metabolik tubuh, dimana terjadi gangguan pada sel penghasil insulin (sel beta pankreas) atau insulin yang dihasilkan tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Pada tubuh, insulin memiliki peranan penting dalam pengaturan kadar gula dalam darah. Insulin akan mengikat gula darah dan akan membawa masuk gula darah ke dalam sel untuk dapat diolah menjadi energi.



Hal inilah yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam metabolisme tubuh termasuk diantaranya berpotensi menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak.

Beberapa gejala khas yang dapat timbul antara lain anak cenderung makan dan minum banyak, dan sering buang air kecil.

Berbeda dari diabetes tipe 1 yang tidak dapat dicegah, diabetes tipe 2 dapat kita cegah. Kenalilah gejala dari Diabetes Tipe 1 ini dan cegahlah Diabetes tipe 2 ini terjadi kepada buah hati Anda. Semakin kita sadari dengan cepat, penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat untuk kesehatan buah hati kita.

Gejala diabetes mampu mempengaruhi perilaku anak. Mereka jadi mudah labil dan mudah merasa jengkel. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar gula darah yang tinggi.

Mengenali dan Merawat Diabetes Pada Anak- Bagaimana merawat anak dengan diabetes tipe 1?

Diabetes pada orang dewasa saja memerlukan perawatan rutin, terlebih lagi jika terjadi pada anak. Namun, hal ini mungkin akan terasa lebih ringan jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara merawatnya dan sudah terbiasa melakukannya. Rutin mengontrol kadar gula darah dan minum obat, serta gaya hidup yang lebih sehat dapat membuat penyakit diabetes tipe 1 pada anak selalu terjaga.

Mengenali dan Merawat Diabetes Pada Anak-Berikut ini merupakan hal-hal yang harus dilakukan saat merawat anak dengan diabetes:

Periksa kadar gula darah anak beberapa kali dalam sehari. Anda dapat melakukannya sebelum atau setelah anak melakukan aktivitas, seperti makan atau olahraga, untuk mengetahui bagaimana pengaruh aktivitas atau makanan tertentu pada kadar gula darah anak.

Memberikan suntikan insulin pada anak dengan rutin. Lakukan dengan hati-hati dan beri pengertian pada anak bahwa ia harus mendapatkannya. Anak terkadang mungkin merasa takut dan marah saat akan diberikan suntikan.

Biasakan anak makan dengan gizi seimbang, terutama perhatikan berapa banyak dan apa saja jenis makanan sumber karbohidrat yang harus dikonsumsi anak. Perhatikan juga waktu makan anak. Anak harus makan secara rutin agar kadar gula darahnya selalu terjaga.

Daibetes pada anak- Biasakan anak melakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Periksakan kondisi kesehatan anak ke dokter dengan rutin. Bangun kerja sama yang baik dengan dokter Anda, sehingga kadar gula darah anak selalu terkontrol dan anak terhindar dari komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung, stroke, masalah penglihatan, masalah ginjal, dan sebagainya.

Sebaiknya, Anda juga mengetahui tanda-tanda kadar gula darah anak rendah atau tinggi. Hal ini dapat membantu Anda mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin bisa terjadi.

 

Join The Discussion