Diabetes

Makan Kurma Baik untuk Diabetes

Makan Kurma Baik untuk Diabetes Untuk anda yang saat ini tengah memiliki masalah dengan penyakit diabetes melitus ? Kini anda bisa mencoba mengobatinya dengan menggunakan kurma,

Ingin tahu apa manfaat kurma untuk penderita diabetes ? Silakan di simak informasi lengkapnya dalam artikel ini !

Kurma adalah jenis buah dari jazirah arab yang cukup sangat populer di Indonesia, hal ini karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah musim terbesar di Dunia.

Bahkan kurma sangat mudah untuk anda temui baik itu di supermarket maupun pasar terutama saat menjelang bulan puasa. Selain rasanya yang manis, buah kurma ini menjadi anjuran sunah rosul sebagai menu pertama berbuka puasa sehingga saat bulan puasa buah kurma ini termasuk buah yang paling laris di buru pembeli.



Akan tetapi, di balik rasanya yang manis ini cukup amankah buah kurma dikonsumsi oleh penderita diabetes ? Dan berapa batas aman konsumsi buah untuk penderita diabetes tersebut ?

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh salah satu jurnal Internasional menyebutkan bahwa didalam kurma terdapat paling sedikit 15 mineral. Namun yang paling dominan adalah potasium, kalium dan magnesium serta beberapa mineral lainnya seperti :

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Boron
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Kobalt
  • Fluorin
  • Sodium
  • Mangan
  • Seng
  • Selenium

Sedangkan untuk protein yang terkandung di dalam buah kuram adalah jenis asam amino seperti asam palmitoleat, oleat, linolenat dan linoleat yang beberapa diantaranya tidak terdapat dalam buah jeruk dan pisang.

Untuk vitaminnya sendiri buah kurma memiliki vitamin C dan vitamin B kompleks, kurma juga memiliki senyawa antioksidan seperti beta karoten, tannin, lutein dan zat zea-xanthin.

Manfaat Kurma Untuk Penderita Diabetes

Buah kurma ini memiliki beberapa manfaat jika dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam jumlah yang tepat, dimana manfaat dari kandungan gizi yang ada dalam buah kurma ini berupa :

Buah Kurma Bebas Lemak

Masalah berat badan menjadi salah satu yang kritis bagi penderita diabetes, maka untuk itu penderita diabetes yang mengalami obesitas diharapkan mampu melakukan diet karbohidrat dan lemak untuk mengurangi berat badannya.

Makan Kurma Baik untuk Diabetes– Kandungan Fruktosa dan Glukosa

Kedua jenis gula tersebut menyediakan energi instan untuk penderita diabetes, saat penderita diabetes merasa letih dan lesu setelah beraktivitas memakan buah kurma dalam jumlah yang tepat bisa segera memulihkan tenaga sehingga bisa beraktivitas kembali.

Makan Kurma Baik untuk Diabetes- Serat Buah Kurma Menyehatkan Pencernaan

Buah kurma ini memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan, dalam sebuah penelitian menunjukan serat larut yang ada di dalam buah kurma ini adalah senyawa Beta-G-Glukan yang mampu mengurangi penyerapan kolesterol oleh sel-sel tubuh.

Indeks Glikemik Yang Rendah

Indek glikemik yang rendah seakan menjadi angka sakral bagi penderita diabetes, penderita diabetes mendapatkan warning dari indeks glikemiks setiap makanan yang akan di makan.

Maka untuk itu buah kurma ini tergolong aman untuk dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Meskipun secara gizi baik dan aman untuk penderita diabetes, namun bukan berarti penderita diabetes boleh makan buah kurma secara berlebihan. Cukup dua atau 3 biji buah kurma saja sudah maksimal untuk dikonsumsi penderita diabetes saat berbuka puasa.

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan anda.

 

Join The Discussion