Inilah Pilihan Makanan Mengandung Sumber Protein Sehat

                                                Sumber gambar : https://lifestyle.kompas.com

Sumber protein sehat merupakan zat gizi yang cukup diperlukan dalam proses pertumbuhan fungsi tubuh serta memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat zat gizi dalam protein di antaranya dapat membantu penurunan berat badan Anda terutama lemak perut serta mampu meningkatkan massa otot. Mengacu pada tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) maka diketahui bahwa standar angka kecukupan protein yang dianjurkan bagi masyarakat Indonesia yang berusia 17 – 60 tahun ialah 56 – 59 gram/hari untuk perempuan dan pria 62 – 66 gram/hari. Protein ini dapat diperoleh dari berbagai makanan sumber protein tinggi.

Protein memiliki beragam macam manfaat, mulai dari membentuk otot, membangun sistem imun, mengurangi stres, menguatkan tulang, meningkatkan mood, regulasi hormon, dan lainnya. Akan tetapi, masih banyak kita yang belum cukup dalam konsumsi protein. Apabila asalnya dari makanan besar atau berat, sebenarnya kita juga bisa mendapatkan protein dari makanan selingan.

READ  Recommend ! Makanan Tradisional sehat dan murah

 

Apa saja sumber protein sehat yang dapat kamu peroleh dari berbagai bahan makanan di sekitar? Yuk simak baik-baik!

1.Telur

Dikutip dari Hello Sehat, konsumsi dua butir telur rebus sebagai sumber protein sehat , yaitu dengan satu telur ukuran besar rata-rata yang mengandung 6 gram protein serta hanya 0,6 karbohidrat. Diketahui bahwa telur mengandung tinggi nutrisi pun cenderung memiliki kalori yang rendah dibandingkan makanan lainnya. Dalam mengonsumsi telur juga tidak terlalu sulit karena perolehannya yang mudah dan pengolahannya yang mudah pula contoh hanya dengan merebusnya saja sudah bisa dinikmati.

2. Keju

Kandungan protein yang terdapat dalam bahan keju berbeda-beda tergantung pada beragam setiap jenisnya. Parmesan, Swiss, Pecorino, Edam, dan Gouda masing-masing jenis keju tersebut menawarkan protein tinggi yaitu antara 26 gram protein hingga 35 gram per sajian 100 gram namun kandungan karbohidrat hanya sekitar 1,3 gram. Menyajikan keju bersama buah anggur tinggi antioksidan untuk suntikan energi di sore hari.

READ  Ketahui beberapa cara mengatasi gangguan tidur pada diri kita

3.Ikan tuna

Ikan tuna mempunyai lemak serta kalori yang rendah sehingga menyebabkan sebagian besar yang terkandung didalamnya merupakan sumber protein sehat. Layaknya ikan lainnya, tuna kaya nutrisi yang mengandung lemak omega – 3. Dalam 1 ons ikan tuna terdiri atas 30 gram protein dan 157 kalori.

4. Susu

Makanan lain yang mengandung protein yang mudah ditemukan adalah susu. Susu mengandung sumber protein sehat cukup besar. Kandungan protein tiap jenis susu pun berbeda, susu kedelai (protein nabati) mengandung protein sebanyak 3,5 gram dalam 100 gram.

Sedangkan susu yang dihasilkan dari hewani mengandung protein hewani lalu cenderung mengandung protein yang lebih besar dalam 100 gram, contohnya susu kambing (4,3 gram) dan susu kerbau (6,3 gram). Susu sapi mengandung protein dengan jumlah lebih sedikit jika dibandingkan susu kedelai, yaitu 3,2 gram.

  1. 5.Yogurt

Yogurt juga tergolong makanan yang mengandung protein yang juga mudah ditemukan. Kandungan protein yang ada di dalam 100 gram yogurt ialah seberat 3,3 gram. Spesialis Gizi Klinik pada Fakultas Kedokteran UI, dr Marya W. Haryono. Mgizi, SpGK mengungkapkan kandungan gizi pada yogurt termasuk lengkap terdiri atas energi, protein, karbohidrat dan lemak.

READ  7 makanan sehat bagi jantung

Sumber gambar : https://www.republika.co.id

 

  1. Kacang-kacangan

Berdasarkan laman Dokter Sehat, kacangan-kacangan termasuk pada jenis protein nabati dengan beragam jenis. Pada tiap jenis kacang terkandung protein yang berbeda-beda. Misalnya pada kacang kedelai mengandung protein sebanyak 40,4 gram di dalam 100 gram.

Produk kacang kedelai seperti tahu dan tempe pun termasuk makanan mengandung protein yang digilai banyak orang.  Selain itu, terdapat pula beberapa jenis kacang-kacangan lain yang memiliki kandungan protein tinggi. Kacang hijau memiliki kandungan protein sebesar  22,2 gram pada setiap 100 gram, kacang tanah yaitu sebanyak 27,9 gram, kacang merah sebesar 11 gram, serta  dan kacang tolo yaitu 24,4 gram.