Beragam Upaya Efektif untuk Mencegah Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini bisa menjadi kondisi paling memalukan yang dialami lelaki. Tak sedikit dari mereka yang kehilangan rasa percaya dirinya akibat rentan mengalami kondisi ini. Mengingat kondisi ini yang mengganggu dari sisi fisik dan psikologis, terdapat upaya pencegahan yang bisa diterapkan untuk mengatasi adanya ejakulasi di awal. Beberapa upaya berikut ini bisa diterapkan.

  1. Teknik Perilaku

Dalam mengatasi kondisi ini, diharapkan terdapat upaya mencegah ejakulasi dini. Salah satu yang paling efektif adalah menjalankan teknik perilaku sebagai sebuah terapi. Ejakulasi dini memang bisa terjadi karena faktor psikologis, misalnya cemas atau tertekan. Seperti yang dijelaskan tersebut, teknik perilaku dapat dibilang tidak rumit, sehingga sangat direkomendasikan untuk masturbasi sekitar satu ataupun dua jam sebelum melakukan senggama.

Dikutip dari hellosehat.com, teknik perilaku ini ditujukan agar penderitanya mengendalikan ejakulasi dini selama berhubungan seksual. Cara lain yang mungkin direkomendasikan adalah menghindari senggama dalam beberapa waktu untuk lebih fokus pada tipe permainan/ rangsangan seksual saja. Dengan cara ini, stres yang memicu perdebatan di dalam pikiran bisa segera dihilangkan. Pemberian jeda ini sangat penting untuk menormalkan kondisi.

  1. Olahraga
READ  Ketahui beberapa cara mengatasi gangguan tidur pada diri kita

Olahraga sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena menyimpan banyak keistimewaan untuk kesehatan tubuh, olahraga ternyata bisa menjadi salah satu upaya mencegah ejakulasi dini. Salah satunya adalah dengan cara melancarkan aliran darah ke organ reproduksi. Dari banyaknya jenis olahraga, Anda dapat melakukan beberapa kegiatan yang dianjurkan. Anda bisa melakukan kegel dan angkat beban. Dengan latihan secara rutin, kondisi tubuh akan kembali normal.

Cara melakukan kegel juga cukup mudah. Anda hanya perlu berbaring terlentang di permukaan rata, lalu tekuklah lutut agar kaki bagian atas bisa membentuk sudut 45 derajat. Setelah itu, peganglah bagian pinggul serta angkatlah bagian atas tubuh. Tahanlah posisi tersebut selama lima detik, seperti seakan menahan kencing, lalu lepas. Anda dapat melakukannya berulang-ulang, tetapi pastikanlah bahwa Anda sudah buang air kecil sebelum melakukan olahraga ini.

READ  7 makanan sehat bagi jantung

Menurut pendapat ahli, angkat beban mampu membantu tubuh dalam memproduksi hormon testosteron, hormon utama yang mendorong kekuatan seksual pria. Tak hanya itu, menurut beberapa studi, olahraga ini mampu meningkatkan level kadar testosteron.

  1. Relaksasi

Saat rasa orgasme sudah muncul, cobalah saja untuk berhenti sejenak dalam melakukan hubungan seksual. Dalam beberapa kasus, ejakulasi dapat mereda seiring waktu. Salah satu cara untuk mencegah ejakulasi dini dapat dilakukan dengan berlatih relaksasi. Cara paling mudahnya adalah dengan mengambil napas panjang atau dalam untuk menunda terjadinya ejakulasi. Cara ini sangat membantu agar kondisi tidak semakin parah dan mengembalikan kepercayaan diri di mata pasangan.

  1. Menggunakan Kondom

Tidak hanya dapat mencegah risiko penyakit menular saja, pemakaian kondom saat berhubungan seksual juga termasuk cara untuk mencegah ejakulasi dini. Bagaimana caranya? Pasalnya, alat kontrasepsi ini mampu menurunkan sensitivitas, sehingga dapat menunda timbulnya ejakulasi. Jadi, alternatif ini bisa diterapkan. Agar khasiatnya semakin terasa, Anda dapat mencari kondom dengan bahan yang terbuat dari lateks tebal.

  1. Rutin Bercinta
READ  Penyebab Ejakulasi Retrograde disertai Metode Pengobatan dan Pencegahannya

Semakin rutin dan seringnya bercinta atau berhubungan seksual, semakin matang pula dalam berhubungan seksual. Sensitivitas Mr P juga sudah terlatih, sehingga membuatnya tidak cepat mengalami ejakulasi dini. Hal ini sangat ampuh untuk mencegah terjadinya ejakulasi agar berlangsung dalam waktu normal. Selain rutin melakukan hubungan seksual, komunikasi antar pasangan setiap kali akan berhubungan seksual juga harus dilakukan agar keduanya merasa nyaman. Kenyamanan atau relaksasi ini akan mencegah ejakulasi di awal. Untuk itu, selalulah merasa tenang dan rileks ketika bersama pasangan.

Berbagai cara mencegah ejakulasi dini di atas sangat membantu dalam mengembalikan kondisi normal. Periksa ke dokter juga akan sangat membantu karena akan diberikan penanganan khusus sesuai kondisi dan penyebab ejakulasi dini.

sumber artikel:
hellosehat.com
www.halodoc.com

 

sumber gambar:

www.foredigel.id
doktersehat.com