7 makanan sehat bagi jantung

Jantung adalah organ vital untuk tubuh , organ penting yang berfungsi untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh . Maka dari itu jika jantung tidak bisa berfungsi dengan baik akan memunculkan penyakit tubuh yang lain . lebih baik mencegahnya dengan mengubah pola hidup dan tentu saja dengan mengonsumsi makanan sehat . kita ketahui penyakit jantung sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jadi mari kita merawat jantung agar tetap sehat , dilansir dari hellosehat ada 10 makanan yang baik untuk merawat jantung anda , seperti :

  1. Blueberry

Dengan cara menghaluskan blueberry dan menjadikannya saus sebagai campuran atau celupan  ketika kita memakan makanan manis lainnya . kandungan pada blueberry seperti antioksidan dan anthocyanin dapat membantu melancarkan pembuluh darah kita . buah ini selain memiliki banyak nutrisi juga mempunyai banyak serat , seperti jika ditambahkan ke sereal , pancake atau bahkan yogurt .

  1. Ceri
READ  Penyebab dan Ciri-Ciri Ejakulasi Dini yang Perlu Diketahui

Dengan cara menaburkan langsung ceri kering ke dalam muffin , salad , sereal atau nasi . sama seperti blueberry , pada ceri juga terdapat antioksidan dan anthocyanin yang dapat melindungi pembuluh darah . tidak hanya dengan menaburkan nya secara langsung , jus ceri juga bagus untuk kesehatan jantung anda bahkan ceri manis , ceri kering atau ceri asam .

  1. Makanan yang mengandung sterol

Makanan yang mengandung sterol  juga baik unruk kesehatan tubuh kita , makanan ini dapat memblokir usus kita sehingga tidak dapat menyerap kolesterol . selain itu manfaat lain dari makanan yang mengandung sterol ini adalah dapat menurunkan kadar ldl sebesar 10% walaupun tanpa merusak kolesterol baik . contoh dari makanan yang mengandung sterol adalah margarin , susus kedelai , susu almond , jus jeruk dan lain lain beberapa makanan itu mengandung sterol dan stanol yaitu zat yang melawan kolesterol.

  1. Yogurt rendah lemak
READ  Recommend ! Makanan Tradisional sehat dan murah

Yogurt mengandung kaya akan kalsium dan kalium yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Produk susu ini memang baik untuk tulang , jika ingin meningkatkan kalium pada yogurt dan mengurangi asupan pada lemak tipsnya adalah pilihlah yogurt yang rendah lemak .

  1. Flaxseed

Caranya adalah menggiling flaxseed kemudian bisa menambahkannya ke sereal , panggangan , yogurt , dan mustard dalam sandwich . ini karena flaxseed mengandung serat , lignan atau fitokomia dan asam lemak omega 3 , flaxseed mengandung 3 hal tersebut yang baik untuk kesehatan jantung kalian . jangan salah memang biji yang mengkilap seperti madu ini memiliki banyak manfaat bagi jantung anda .

  1. Oatmeal
  2. Makanan ini sering memang digunakan untuk kesehatan dalam jantung bisa dengan mengganti sarapan anda dengan oatmeal atau dengan menggunakan sepertiga tepung dengan oatmel ini ketika anda membuat pancake , muffin , atau jenis kue lainnya . oatmeal ini selain menjaga kesehatan jantung juga bisa untuk penderita diabetes serat oatmel baik untuk kesehatan jantung karena dapat menurunkan kolesterol jahat , oatmeal juga memang cocok sebagai sarapan karena oatmel membuat perut kita kenyang dalam berjam jam , mencegah kita ngemil dan membantu menjaga kadar gula agar tetap stabil dalam sepanjang waktu .
  1. Barley
READ  Ketahui beberapa cara mengatasi gangguan tidur pada diri kita

Dengan cara menjadikannya sereal atau camilan , barley yang digunakan adalah barley whole grain yang memiliki banyak tinggi nutrisi , serat dalam barley untuk menurunkan kolesterol sekaligus kadar gula tinggi .

Sumber gambar : alodokter.com